Connect with us

SEO

Pengertian Backlink, Elemen penting dalam SEO

Andi Saefulrohman

Published

on

Pengertian Backlink, Elemen penting dalam SEO 11

Pada pembelajaran kita kali ini, kita akan mengenal pengertian backlink.

Namun sebelum, saya menerangnya, simak dulu cara kerja google di bawah ini.

Ketika Google mengindex konten yang sudah anda buat, maka google akan melihat dari beberapa kriteria, sebelum mereka menempatkan konten anda tersebut pada halaman pertama, yaitu pertama, dari apakah konten yang anda buat itu relevan dengan kata kunci yang di cari. Kedua, apakah konten yang anda buat itu berguna dan memudahkan lalu yang ketiga, siapa sih yang membuat konten ini?

Nah pada poin ketiga, siapa sih yang membuat konten tersebut? ini berkaitan dengan seberapa besar tingkat otoritas anda dalam membuat konten tersebut! Maksudnya?

Jadi seperti ini, ketika anda membuat artikel misalnya mengenai kesehatan, maka Google perlu mengetahui, anda itu siapa?, apakah seorang dokter atau hanya warga +62 biasa aja. Nah jika anda hanya warga +62 biasa aja, maka tingkat otoritas anda dalam membuat konten tersebut akan dipertanyakan, dan tentu saja pihak google, untuk sementara akan menyimpan website anda di bagian akhir.

Lalu darimana sih Google bisa mengetahui, bahwa sebuah website memiliki otoritas tertentu dalam sebuah artikel?

Jawabannya adalah melalui backlink yang ada pada website tersebut!

Pengertian backlink?

backlink

Secara linguistik, backlink berasal dari dua kata bahasa Inggris yaitu back (kembali) dan link (tautan), atau  yang secara harfiah, bisa kita artikan sebagai tautan yang mengarah kembali ke dalam website.

Dalam teknisnya, backlink terbagi menjadi dua macam yaitu : internal backlink dan eksternal backlink, apa itu?

Internal backlink adalah Link yang menghubungkan satu halaman website dengan halaman lainnya tapi di dalam satu website yang sama.

Anda membuat artikel mengenai lidah buaya, dan dalam salah satu bagian kontennya, anda memasukan link yang mengarah ke artikel lain di website tersebut. Ini dinamakan internal backlink. Penggunaan link ini biasanya dipakai dalam pembuatan SEO On-Page. dan paling mudah dalam penerapannya. Jika di halaman ini anda menemukan link yang mengarah ke artikel saya yang lain, di website ini, maka itulah contoh dari internal backlink

Contohnya ini :

Yuk cek artikel kami yang lainnya : Optimalisasi kata kunci dalam SEO

Lalu ada yang kedua yaitu :

Eksternal backlink adalah link yang bersumber bukan dari website kita, jadi websitenya berbeda. Ada dua tipe eksternal backlink, yaitu outbond link dan inbound link

Berikut adalah Contohnya :

Anda membuat artikel mengenai kota garut, lalu di dalam kontennya, anda merujuk ke wikipedia sebagai sumbernya, oleh karena itu, anda tambahkan link yang mengarah ke wikipedia.com.

Link seperti ini dinamakan outbond link, alias link yang mengarah ke luar website, ini biasanya di gunakan juga dalam penerapan SEO On-Page.

Nah lalu ada yang kedua, yaitu link yang mengarah dari website luar ke website kita. Misal, karena anda membuat sebuah artikel yang bagus, akhirnya CNNIndonesia.com memasukan link website anda ke dalam salah satu artikelnya.

Nah, link seperti ini dinamakan inbound link, dan link seperti inilah yang dijadikan patokan google untuk menilai website anda berkualitas atau tidak.

Jadi ketika anda melihat jasa penjual backlink, maka yang dimaksud adalah link inbound ini ya.

Lalu kenapa sih backlink tipe ini sangat penting dalam website anda?

 

Mengapa backlink sangat penting?

backlink

(Biar tidak bingung, dengan macam-macam backlink yang dibahas, maka untuk bagian selanjutnya, ketika saya menyebut backlink, itu mengarah ke inbound link ya)

Junlah backlink pada suatu website adalah suatu indikasi bahwa website tersebut sangat penting dan tentu saja sangat populer. Oleh karena itu mesin pencari seperti Google, akan lebih memilih website yang memiliki banyak backlink berkualitas untuk muncul di halaman pertama mereka, karena Google menganggap website tersebut lebih relevan dalam memenuhi permintaan pencarian.

Oleh karena itu, ketika mesin pencari menghitung relevansi website dengan kata kunci yang dicari, mereka juga tidak hanya mempertimbangkan jumlah backlink ke dalam website tapi juga kualitasnya.

Untuk menentukan kualitas ini, mesin pencari akan melihat konten dari website. Ketika ada backlink yang masuk ke website anda, mesin pencari akan melihat apakah website yang memberikan backlink tersebut relevan dengan konten yang anda buat, jika sesuai maka backlink ini dianggap relevan, dan jika tidak, maka backlink ini, akan dipertanyakan keabsahannya dan menjadi tidak relevan. Semakin tinggi relevansi suatu backlink, semakin besar kualitasnya!

Contoh backlink yang relevan

Misal, anda memiliki mempunyai sebuah website mengenai hewan peliharaan, maka backlink dari website lain mengenai kucing lebih relevan dari pada backlink dari website yang membahas mengenai motor GP, dan ini akan membuat penilaian mesin pencari terhadap website anda menjadi lebih tinggi, jika membahas kata kunci mengenai kucing. Intinya, semakin tinggi relevansi website yang memberikan link ke website anda, semakin bagus kualitas backlinknya

Ingat kata-kata ini, backlink berkualitas ya

apa maksudnya?

Dulu, ketika algoritma Google belum canggih, penerapan backlink ilegal adalah salah satu teknik yang selalu dipakai oleh para penganut Black Hat SEO (sebutan untuk penerapan SEO ilegal), caranya mereka membuat banyak website dummy (tiruan), dan website-website tersebut diberikan link yang mengarah ke website utama. Dan hasilnya apa? Website dengan kualitas buruk dapat menempati page one di Google. Bahkan ada juga software bot yang khusus melakukan hal seperti ini.

Kenapa bisa terjadi?

Karena algoritma Google dulu…

dulu ya…

menilai dari kuantitas backlink bukan dari kualitasnya

Lalu bagaimana sekarang?

Kalau sekarang beda lagi bos, dengan algoritma Google sekarang, google menjadi semakin ketat dan selektif dalam pemilihan backlink ini, jadi kalau anda masih menggunakan cara jadul seperti di atas, maka bersiap-siap lah untuk mendapatkan hukuman pinalti dari om Google

Dengan algoritma sekarang, google ingin membangun suatu lingkungan dimana backlink yang di buat haruslah terjadi secara alami dan dibangun perlahan-lahan dari waktu ke waktu. Mungkin kita akan mudah membuat sebuah website yang ramah SEO, namun untuk mendapatkan backlink berkualitas dari website lain, ini merupakan hal yang lebih sulit lagi.

Bayangkan saja, bagaimana caranya situs besar misalnya seperti tribunnews.com, mengambil sumber kontennya dari website milik kita, kalau bukan konten kita yang bagus banget

Oleh karena itu lah, mesin pencari mengganggap backlink berkualitas sebagai nilai yang sangat penting dari suatu website

Kesimpulan

Backlink atau tautan website lain ke website milik kita sangatlah penting bagi perkembangan suatu website, karena backlink dapat meningkatkan PA (page authority) dari suatu website, sehingga potensi untuk dapat ada pada halaman pertama google sangatlah besar. Namun backlink dilihat bukan dari kuantitas saja, kualitas backlink juga sangatlah menentukan, percuma anda memiliki banyak backlink, tapi berasal dari website spam.

Dan juga mesin pencari akan melihat mana backlink yang dibangun secara instan alias memakai robot, dan backlink mana yang dibuat secara natural. Membangun backlink berkorelasi dengan konten yang anda buat, semakin banyak orang terbantu dengan konten milik anda, maka backlink yang masuk ke website anda semakin berkualitas.

Baiklah itu saja, pengertian backlink yang bisa kami sampaikan, jika anda ingin membangun backlink secara benar, nantikan saja pada materi kami selanjutnya, jadi sering-sering untuk main ke sini ya. Terimakasih

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *